Kamis, 05 April 2012

arkana mayor #2

The Emperor adalah simbol dari kekuatan berpikir rasional dan logis sekaligus mempraktekkannya dengan konsekwen tanpa pilih kasih. Kemampuan rasional bisa aktual, bisa juga potensial, dan sama sekali tidak tergantung pada gender seseorang. Seorang wanita bisa saja lebih rasional daripada pria. Usia juga tidak berpengaruh: banyak orang lebih muda justru lebih rasional daripada generasi di atasnya. Tetapi, banyak kemampuan berpikir dan bertindak rasional cuma berada di alam roh atau di dimensi potensial saja. Sebagai suatu potensi, the Emperor juga merupakan suatu sumber energi bagi manusia yang memilikinya apabila diterapkan dan dipraktekkan di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Itulah yang disarankan oleh alam bawah sadar penanya apabila kartu itu muncul.
The Hierophant adalah simbol dari kekuatan energi yang berasal dari prinsip-prinsip ketuhanan universal: bisa berupa ajaran agama konvensional, bisa juga berupa spiritualitas non konvensional. Yang implisit di dalam sumber energi ini adalah jaring-jaring hubungan saling mempengaruhi antara berbagai individu yang menganut ajaran yang sama. Karena penanya memiliki hubungan antar pribadi dengan mereka yang memiliki posisi menentukan dalam ajaran kerohanian yang dianutnya, maka tentu saja hal itu perlu dikultivasikan agar bisa diperoleh manfaat maksimum. Dan memang itulah saran dari alam bawah sadar penanya. Jadi, penanya perlu melakukan pendaya-gunaan dari hubungan-hubungan yang telah ada itu. Bisa dengan menerapkan prinsip-prinsip ketuhanan universal itu di dalam kehidupannya sendiri, bisa juga dengan kultivasi hubungan antar pribadi dengan mereka yang ada di jaring-jaring yang sama.
The Lovers adalah simbol dari sumber energi berupa saling pengertian antara diri penanya dengan orang-orang atau hal-hal tertentu di kehidupannya. Saling pengertian itu begitu mendalam sehingga tidak diperlukan lagi komunikasi melalui cara-cara normal sebagaimana layaknya dalam interaksi biasa. Tetapi disinilah letaknya batu sandungan dari simbol the Lovers. Karena pengertian itu telah mendarah-daging, penanya sering merasa bahwa hubungan itu agak aneh: terkadang tertarik untuk mendekat, dan terkadang seakan-akan ada yang menghalangi. Alasannya adalah karena adanya saling pengertian atau perasaan keterikatan yang mendalam itu. Pesan dari alam bawah sadar penanya apabila kartu ini muncul biasanya berkaitan dengan jenis komunikasi yang perlu dibina dengan orang atau hal yang terkait. Intinya, ada suatu ikatan saling pengertian karena kesamaan atau kecocokan pribadi. Dan jenis komunikasi yang sesuai tidak perlu ditentukan oleh norma-norma umum, melainkan cukup oleh mereka yang terkait langsung di dalam hubungan itu.
The Chariot adalah sumber kekuatan spiritual berupa keberhasilan secara emosional yang walaupun bisa dirasakan, belum tentu bisa dilihat bukti-bukti nyatanya di alam materi. Yang penting disini adalah kenyamanan emosional, dan bukan penumpukan hasil yang bisa dilihat oleh mata fisik. Kenyamanan emosional itu selalu berkaitan dengan lancarnya hubungan dengan lingkungan dimana si penanya berada. Jadi, walaupun lingkungan kerja sedang mengalami kesulitan, belum tentu kehidupan emosional terjangkiti juga. Bahkan, bisa saja pribadi-pribadi yang terlibat justru sedang berada di tahap kesuksesan dalam menjalani hubungan antar pribadi, walaupun itu tidak disadari benar. Dan saran dari alam bawah sadar penanya adalah agar kesuksesan itu diterima dan disyukuri. Setidaknya ada hal yang masih bisa tetap menyambung di tengah berbagai distorsi yang dialami oleh penanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar