Kamis, 05 April 2012

arkana mayor #5

The Tower adalah intervensi langsung dari YME dalam kehidupan penanya. Bentuk pastinya seperti apa memang tidak bisa langsung diketahui, yang jelas ada intervensi langsung berupa sesuatu yang datang tiba-tiba tanpa direncanakan dan diharapkan. Mengapa ada intervensi dari YME? Karena ada kebekuan di kehidupan si penanya, dan si penanya merasa tidak bisa mengambil jalan lain lagi. Karena ada kebekuan, dan hakekat dari alam semesta adalah pergerakan, maka muncullan intervensi itu. Apabila kartu itu muncul di posisi masa depan, maka penanya haruslah diberikan pengertian agar bersiap-siap untuk menghadapi sesuatu yang akan segera muncul di kehidupannya. Sesuatu yang mendadak muncul bisa berakibat baik, bisa juga berakibat buruk. Tetapi, apabila penanya sudah siap untuk menghadapi situasi apapun, bahkan situasi yang paling burukpun masih memiliki kesempatan untuk dihadapi dengan dewasa sehingga membawa kebaikan.
The Stars adalah alam semesta atau kosmos. Alam luas yang mencakup bumi, bulan, matahari, dan bintang-bintang. Artinya adalah dunia luas dimana penanya hidup, dan bukan hanya dunia sehari-hari berupa orang atau hal itu-itu saja yang ditemuinya secara rutin. Sebagai suatu sumber energi atau archetype, the Stars adalah potensi yang dimiliki oleh penanya untuk meluaskan cakupan lingkungan pergaulannya dengan mereka yang sebenarnya telah diketahuinya tetapi belum ditemuinya secara intensif. Saran dari alam bawah sadar adalah agar orang-orang itu ditemui karena akan ada pertukaran informasi yang akan berguna bagi penanya. Akan ada perluasan perspektif atau cara pandang, bahkan berpotensi untuk merubah cara pandang yang selama ini dipegang oleh penanya. Alam semesta ada untuk dieksplorasi, untuk ditemui, dimengerti, dan diinkorporasikan ke dalam diri. Pengertian dari dunia luas selalu memiliki potensi untuk menjadi pengertian pribadi dari si penanya. Implisit disini adalah upaya penghilangan rasa takut, karena ketakutan adalah yang menghalangi orang untuk menjadi diri sendiri dan berkomunikasi secara terbuka dengan alam semesta (lingkungan baru, pemikiran baru, agama lain, dsb).
The Moon adalah sumber energi berupa naluri-naluri yang ada di alam bawah sadar penanya. Naluri adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu tanpa tahu apa sebabnya. Yang diketahui hanyalah bahwa ada sesuatu yang perlu dilakukan, dan itu bisa dilakukan apabila mau. Naluri atau instink itu berada di dalam alam bawah sadar manusia dan bisa dibawa ke dalam alam kesadaran. Spesifiknya bisa berupa bakat dalam bidang tertentu. Bisa bakat seni, bisa bakat bisnis, bisa bakat bergaul, dll. Tetapi itu semuanya masih berupa potensi saja karena belum didaya-gunakan. Munculnya kartu arkana mayor the Moon memperlihatkan kepada penanya bahwa naluri di bidang tertentu yang dimilikinya belum digunakan. Dan sarannya adalah: gunakanlah! Apabila naluri itu digunakan, maka penanya akan semakin bertambah kemampuannya untuk lebih mengerti sesama manusia, untuk lebih mengerti apa yang harus dilakukannya agar masalah yang dihadapinya bisa terselesaikan. Memang lebih di alam hubungan antar pribadi atau energi empatik.
The Sun adalah simbol dari kemampuan menghasilkan materi yang berlimpah-limpah dari pekerjaan yang dilakukan, sekaligus potensi untuk menikmatinya. Ada sesuatu yang bisa dilakukan oleh penanya, dan potensinya memang besar dalam aspek pemasukan. Tentu saja pemasukan bisa berarti materi, bisa juga berarti penghargaan, atau bahkan kesempatan untuk mempraktekkan bakat dan minat. Yang jelas, potensi itu sekaligus mengisyaratkan bahwa sesuatu yang diterima itu juga akan dinikmati. Ada pemasukan yang disimpan atau dipergunakan untuk investasi berikutnya, tetapi the Sun tidak demikian. Yang masuk akan dinikmati, dipergunakan, dan bukan hanya disimpan belaka. Saran dari alam bawah sadar juga di arah yang sama: Nikmatilah hidup Anda! Apabila selama ini penanya terlalu kuatir akan keuangannya sehingga terlalu hemat, maka melalui kartu ini alam bawah sadarnya memberikan petunjuk agar mulai menikmati hidup.
Judgement secara harafiah berarti penghakiman. Kenapa penghakiman? Karena ada yang perlu dinilai: benar atau salah, baik atau buruk, lebih banyak baiknya atau buruknya. Bentuk simbolnya adalah manusia mati yang dibangkitkan kembali pada hari akhir (kiamat) untuk dihakimi. Tetapi itu simbol belaka. Artinya adalah bahwa manusia harus berubah secara drastis, harus berubah total agar bisa menghadapi tantangan-tantangan baru yang ada di hadapannya. Saya sekarang tidak sama dengan saya lima tahun yang lalu karena saya telah berubah drastis, dan karena saya telah berubah drastis, maka saya sanggup menghadapi tantangan hidup di kekinian saya. Dan perubahan drastis dalam kehidupan harus dimulai di diri saya sendiri. Itulah pesan dari sumber energi di archetype ini: harus berubah seolah-olah lahir kembali menjadi manusia baru! Menjadi manusia baru berarti tidak memperhitungkan apa yang ada di belakang, tidak memperhitungkan segala sesuatu yang negatif di masa lalu, segalanya itu dianggap tidak ada sehingga penanya bisa memulainya kembali seperti seorang bayi yang baru lahir.
The World adalah simbol dari menyatunya semua elemen kehidupan secara harmonis di kehidupan seseorang sehingga apa yang telah dimulainya di masa lalu kini telah tercapai. Dengan kata lain, segala tujuan-tujuan yang dicanangkan oleh seseorang ketika memulai suatu usaha tertentu telah tercapai. Tujuan tercapai. Itulah arti dari archetype ini. Apabila tujuan telah tercapai, apa yang harus dilakukan? Bersyukur, tentu saja. Dan bersyukur adalah yang disarankan oleh alam bawah sadar penanya apabila kartu ini muncul. Bersyukur karena apa yang ditargetkan telah tercapai. Bersyukur bahwa sekarang akan ada hal lain lagi yang harus mulai dicanangkan dan dikejar. Bersyukur bahwa hal baru yang ditargetkan untuk dicapai itu, bahkan mungkin sebenarnya telah tercapai secara potensial rohaniah. Yang diperlukan hanyalah menjalankannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar