Kamis, 05 April 2012

arkana mayor #3

Strength adalah simbol dari kemampuan untuk melaksanakan hal-hal yang diinginkan secara fisik. Simbol energi ini bisa muncul manakala penanya merasa bahwa dirinya tidak mampu untuk berdaya-upaya melaksanakan tugas dan kewajibannya; manakala dirasakannya bahwa tantangan yang harus dihadapinya terlalu berat baginya. Memang terlalu berat, apabila sumber energi berupa kekuatan fisik itu tetap dibiarkan laten saja di alam potensial dan tidak didaya-gunakan. Alam bawah sadar disini mengingatkan penanya bahwa pada dasarnya kekuatan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban itu telah ada di dirinya. Tidak perlu ada usaha lagi untuk memikirkan cara menjalankan, atau bahkan cara melakukan pendekatan pribadi dengan orang tertentu. Cukup dilaksanakan saja, karena yang lain-lain itu sebenarnya telah ada. Yang kurang adalah penggunaan kemampuan diri yang potensial itu, sehingga solusinya memang sederhana: gunakanlah kekuatan itu.
The Hermit adalah simbol dari sesuatu di dalam diri penanya yang selalu menunjukkan dengan pasti apa yang perlu dilakukannya agar segala potensi dirinya bisa terwujud. Dalam budaya tertentu, simbol ini bisa mengambil bentuk sebagai malaikat pelindung (guardian angel). Kenapa malaikat pelindung? Karena malaikat pelindung adalah roh yang diberikan tugas khusus oleh YME untuk menjaga keselamatan seseorang, menunjukkan jalan yang harus ditempuh seseorang, menerangi jalan hidup seseorang. Dalam budaya lain, roh ini bisa disebut sebagai leluhur. Kenapa leluhur? Karena leluhur dipercayai sebagai mereka yang telah mendahului kita berpindah ke alam sana tetapi masih terikat dengan kita sebagai keturunannya. Jadi, prinsip pemberian bantuan tanpa pamrih itu tetap berlaku apapun simbol yang diambil. Lalu, apa saran yang diberikan oleh alam bawah sadar penanya apabila kartu ini muncul? Sarannya sederhana saja: ikutilah apa yang telah ditunjukkan di dalam kesadaran itu.
Wheel of Fortune berarti roda keberuntungan. Sebagai suatu simbol archetype, roda keberuntungan mengandung semua unsur alam semesta: api, air, udara, tanah. Artinya, ada penggunaan semua aspek yang ada di diri manusia sehingga keberuntungan itu hadir. Tidak ada yang kebetulan, semua sinkronisitas. Karena sinkron, maka terjadilah keberuntungan itu. Bisa karena hal-hal yang telah dilakukan oleh penanya di masa lalu, bisa juga karena penanya telah membina hubungan dengan mereka yang terbuka terhadap pemikiran dan pandangannya. Yang jelas, apabila kartu ini muncul, berarti penanya telah menggenggam potensi untuk mewujudkan salah satu tonggak penting dalam kehidupannya. Apabila yang ditanyakan tentang perjodohan, maka biasanya kartu ini menunjukkan bahwa orang yang ditanya itu memang jodohnya. Jadi, ada hubungannya juga dengan takdir, walaupun kita harus berhati-hati sekali. Takdir memang ada, tapi tidak selalu. Sebahagian besar dari kehidupan kita adalah pilihan, termasuk jodoh. Apabila mau dijalani, maka jadilah. Apabila tidak mau, maka akan muncul kandidat lainnya. Saya sendiri berulang-kali melihat bahwa kartu Wheel of Fortune memperlihatkan suatu bentuk hubungan takdir yang harus dijalani.
Justice adalah simbol dari potensi-potensi untuk menghasilkan suatu kesepakatan bersama yang kemungkinan besar mengambil bentuk tertulis. Suatu kesepakatan tertulis di depan hukum. Bisa juga berarti hal-hal yang sudah dipertimbangkan dengan masak-masak dan diuraikan dengan sejelas mungkin di hadapan pihak-pihak yang relevan. Sebagai suatu sumber energi dari alam bawah sadar, Justice menghimbau penanya agar menggunakan segala kemampuannya untuk bersikap impartial atau tidak memihak. Untuk bersikap adil dan seimbang dalam memberikan pendapatnya. Apabila itu dijalankan, maka penanya akan bisa mengambil manfaat darinya. Apabila tidak dijalankan, maka potensi itu tetap akan menjadi potensi belaka, tidak menjadi realitas. Apapun spesifiknya, Justice selalu melibatkan komunikasi: bicaralah, komunikasikanlah… dan komunikasi selalu berarti ada pihak-pihak lain. Ada yang harus disodorkan kepada pihak lain, dan ada pula yang harus diterima oleh penanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar